Saturday, May 2, 2015

Tempat Membeli Daging Halal di Berlin

Pada dasarnya, daging ayam, daging sapi, daging kambing bisa dibeli di supermarkt mana saja seperti PENNY,  ALDI,  LIDL, REAL, NORMA, NETTO, BOLU maupun di “pasar dadakan” Bahkan terkadang ada angebot menarik. Tapi kalau kalian mempertimbangkan kehalalannya, beberapa toko di bawah ini bisa dijadikan rekomendasi (menurut sumber terpercaya).
  
1. KASAP OSMAN

Ini adalah toko Turki yang beralamat di Prinzenalle 17 Berlin 13357. Sejauh ini, menurutku ini adalah toko yang paling recommended banget. Walaupun dari 4 kali kunjungan belum lihat ada Angebot (tapi harga seperti pada umumnya harga daging disini) tapi Bapak-bapak penjualnya baik banget. Kami pernah ditawarin tulang sapi (1 kresek merah) lumayan bisa buat kaldu si kecil jadi mengurangi penyedap tapi alhasil freezer jadi penuh.  Kelebihan lainnya lagi dagingya berkualitas banget, jarang ada lemaknya dan meskipun disimpan 1 bulan dagingnya masih terlihat segar (warnanya masih merah segar seperti awal dan rasanya juga masih seperti baru). 

Seperti kebanyakan tukang daging Turki ada beberapa pilihan daging sapi mulai dari utuh maupun yang digiling (hackfleisch) tapi jangan dibayangkan sehalus seperti untuk bakso lho ya. Ada juga daging sapi dari sapi yang masih muda, Dana (ini lezat banget kalau dibuat masakan). Oiya kita juga bisa minta si Bapak utuk memotongnya kecil-kecil (Gulash) sesuai yang kita mau jadi kalau kita rencana mau bikin rendang atau rawon, ataupun memotong seperti irisan steak, jadi ga perlu susah-susah lagi iris-iris daging di rumah. 

Sedangkan untuk daging ayam mereka menjualnya dalam 1 daging utuh (tanpa jeroan), sayap, dada, maupun paha dan jeroan khususnya hati ayam dijual terpisah. Tidak pernah lihat mereka jual 1 ayam utuh dengan jeroan. Sayangnya toko ini belum punya cabang.

Selain itu, seperti kebanyakan toko-toko Turki yang lain, toko ini juga menjual barang-barang lannya seperti sayur dan buah serta barang-barang lain untuk masakan Turki, Yoghurt, Zaitun, Olive oil, dll. Psst...kenapa ini menjadi toko paling direkomendasikan? Bukan KKN, tapi suami kenal pemiliknya dan beliau adalah orang yang alim dan mereka memotong sapinya sendiri.


2. NASIB GIDA
Sama saja dengan Kasap Osman, tapi pilihan barang lain selain daging lebih banyak. Serta menjual Ikan-ikanan yang dibekukan. Ada websitenya pula www.nasibgida.de

Hanya satu kali saya ke supermarkt ini karena letaknya jauh dari rumah dan harus berganti minimal 2 U-Bahn, jadi ya mikir 2 kali.

Jam buka:
Senin-Sabtu: 08.00- 20.00
khusus daging dan sayuran : 08.00-19.00  

Ada 2 cabang:
Nasib Gida 1 
Kottbuser Damm 22
10967 Berlin
Telp. 030 684 49 20

Nasib Gida 2
Naunymstr.  9-10
10997 Berlin
Telp. 030 629 08 225 

3. EUROGIDA



Kalau supermarkt Turki yang ini banyak pilihan barang yang lebih murah dibanding yang lain dan banyak cabang. Tapi kalau ikan-ikanan sepertinya jarang lihat. Tapi untuk daging, saya tetap lebih memilih di Kasap Osman karena kualitasnya. 




Pernah suatu ketika saya beli daging sapi dengan harga 6,49 euro/kg dan banyak lemaknya serta dagingnya tidak begitu empuk (mungkin karena saya membeli yang harganya murah, harusnya sebagai perbandingan beli yang harganya sama), di Kasap Osman sendiri, tidak ada harga daging di bawah  7 euro, tapi meskipun disimpan lama di dalam kulkas (waktu itu paling lama saya simpan 1 bulan, warna daging masih merah segar dan rasanya masih gurih, jadi kalau tidak kepepet, pilihan pertama saya masih di Kasap Osman). Kalau di sini lebih sering ada angebotnya terutama daging ayam.
website: www.eurogida.de 

Cabang Eurogida ada banyak:
10551 Berlin / Turmstrasse 43 / Tiergarten
10717 Berlin / Bundesalle 180 / Wilmersdorf
12055 Berlin / Karl-Marx-Str 225 / Neukölln
13353 Berlin / Trifstrasse 5 / Wedding
13357 Berlin / Badstrasse 9 / Wedding
13597 Berlin / Breite Str. 37 / Spandau
10783 Berlin / Postdamer Str. 152 / Schöneberg
12167 Berlin / Albercht Str. 19 / Steglitz
10997 Berlin / Wrangelstrasse 85 / Kreuzberg
12101 Berlin / Tempelhofer Damm 2 / Tempelhof
13439 Berlin / Wilhelmsruher Damm 129 / Reinickendorf
10627 Berlin / Wilmersdorfer Str. 46 / Charlottenburg
12049 Berlin / Hermannstr. 218 /  Neukölln

4. Tuna Kasap Metzgerei
Letaknya di Turmstrasse 26, 10559 Berlin.  Lagi-lagi karena basa basi suami, kami pernah dapat potongan harga daging. hehe
Foto dari dalam bus
Beruntunglah saya berada di Berlin dengan banyak pilihan tukang daging halal. Memang sih,hampir sebagian besar memang merupakan toko Turki. Di Berlin sendiri ada beberapa toko Arab dan toko Persia yang menjual, tapi karena belum dapat sumber yang bisa dipercaya, saya lebih memilih toko Turki, toh jumlahnya ada banyak dan tersebar di beberapa tempat, jadi tidak sulit menemukannya. 

Oiya, kenapa BOLU tidak jadi pilihan. Saya sendiri tidak bisa menghakimi. Dulunya (menurut kebanyakan orang Turki, sumber asal daging tidak jelas. Mungkin sekarang sudah halal dan ada labelnya. Tapi kami mending pilih yang sudah banyak merekomendasikan dari sumber terpercaya saja deh

No comments:

Post a Comment