Thursday, May 7, 2015

Masjid Şehıtlık #Piknik 3.5.2015 part 2

Pintu gerbang masjid
Ahad, 3.5.2015 um 16.15

Jam 17.00 kami memutuskan mengunjungi Masjid Turki Şehıtlık. Şehıtlık terdiri dari kata Şehıt yang artinya syahid dan lık yang menunjuk arti tempat. Berarti adalah tempat orang-orang syahid. Masjid ini terletak di Columbiadamm 128, 10965 Berlin.

Lokasi masjid ini tidak jauh dari Bandara Tempelhof, bandara lama yang dahulu digunakan oleh Hitler pada Perang Dunia ke II. Sekarang bandara ini difungsikan sebagai tempat pameran maupun berjemur dan nge-grill.



Kita bisa menggunakan U6 dan turun di Platz der Luftbrücke (tidak ada aufzug) dilanjutkan bus 104 jurusan Stralau, Tunnelstrasse atau dengan U8 turun di Boddinstrasse dan naik bus 104 jurusan Neu-Westend, Brixplatz (ada aufzug).

Masjid ini adalah bangunan baru di tanah yang awalnya hanya digunakan untuk area pemakaman dan saat ini menjadi pusat kebudayaan dan berdiri di atas tanah 2805 m2. Pembangunan masjid dimulai sejak tahun 1999 dan mulai difungsikan 2005. Lebih lengkapnya silakan baca disini dan lihat situsnya. Di pelataran dan belakang masjid penuh dengan makam orang-orang dari seluruh bangsa yang umumnya adalah hafidz. Yang menarik perhatian adanya 1 makam orang Indonesia.


Selain area pekuburan dan masjid, ada juga museum yang sayangnya belum bisa kami kunjungi serta tempat belajar mungkin sebagai pusat perkenalan kebudayaan.

Penampakan masjid dari depan. Tampak beberapa kuburan, pun di belakang masjid masih lebih banyak lagi
Kuburan dengan nama orang Indonesia


Tangga menuju lantai atas masjid, di ujung adalah kantin
Lantai atas masjid

Museum (menurut suami, ini adalah bangunan khas Ottoman




























No comments:

Post a Comment