Sunday, June 28, 2015

Saat Si Vacum CleanerRusak

Sudah hampir 7 bulan ini vacum cleaner yang dibeli suami ini tidak dapat difungsikan. Daya hisapnya kurang sehingga tidak bisa menyedot kotoran-kotoran kecil di sela-sela karpet.  Ya, hampir sebagian besar lantai wohnung yang kami tempati di tutupi karpet (kami tinggal di lantai dasar (Erdgeschoss), jadi musim panas pun suhu dalam rumah kami paling panas cuma 22 derajat. Kalau tidak ditutupi karpet, maka kaki selalu kedinginan dan jatuhnya sering sakit. Apalgi si kecil ini, mana betah disuruh pake kaus kaki ataupun sepatu rumahan terus-terusan.

Nah, karpet ini lah yang membuat harus sering menggunakan vacuum cleaner kalau lagi bersih-bersih. Memang sih, vacuum cleaner ini sudah setengah buruk. Sambungan selang ke mesinnya sudah dibalut selotip (hehe) dan sekarang tambah lagi kerusakannya. Beli yang baru?Belum ada budget. Pucuk di cinta ulam pun tiba, mengharap ada tetangga yang buang vacum cleaner, eh kesampaian. Tapi...ternyata bagian penyedotnya tidak ada. Terpaksa harus coba cari di flohmarkt.
 
Sampai sekarang, kami belum saja sempat ke flohmarkt, padahal flohmarkt terdekat cuma di Leopoldplatz, 4 stasiun dari rumah. Alhasil, saya gunakan saja

1. Sapu
Sapu rumahan sini tidak ada yang bentuknya seperti di indonesia. Tapi cukup kaku dan bisa membersihkan kotoran di karpet. Masalahnya, capek euy kalau harus menunduk terus dan kadang-kadang tidak terlalu bersih.
Ini sapu yang ada di Jerman, beda bentuk dengan di Indonesia

2. Roll Turki
Saya tidak tahu nama apa yang cocok tapi Ini alat favorit saya. Alat kecil ini membantu membersihkan. Cara kerjanya hampir mirip vacum cleaner,  bagian sikatnya seperti bagian penghisap pada vacum cleaner. Memang sih tetap harus menunduk tapi g separah si sapu dan harus hati-hati kadang kalau salah arah atau kebanyakan kotorannya bisa keluar lagi. Tapi percaya deh, hal itu bisa diantisipasi. Saya kasiih contoh deh seberapa efektifnya dibanding sapu biasa:

Tumpahan susu bubuk atau tepung di atas karpet. Agak susah kan kalau tanpa vacum cleaner; kalau saya pake sapu, biasanya masih ada sisa sedikit-sedikit dan karpet agak jadi berwarna putih. Kalau mau benar-benar bersih harus agak ngotot menekan si sapu. Tapi kalau pake alat ini, saya tidak pakai ngotot dan bersihnya lebih daripada pakai sapu biasa.

Roll yang kecil ini diberi oleh saudari Turki, saat saya bertanya di mana bisa membeli, eh malah di kasih.
Roll yang besar ini di beli suami saat kami ke maroko. Ternyata di lihat-lihat, merknya Turki. Sepertinya kalau urusan bersih-bersih, orang Turki ini nomor satu deh.

No comments:

Post a Comment